Kontak: (021) 82566566 / 98233829

    Selamatkan Dirimu dari Api Neraka

    Menangis adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hidup manusia. Kadang kita tertawa, dan kadang pula kita menangis ketika kita mensikapi hidup ini. Tapi tahukah anda kalau menangis itu dapat menyelamatkan anda dari jilatan api neraka.

     


    Ibnu Rajab al-Hanbali menjelaskan dalam kitab “takhwiifu minan naar” Bahwa banyak nash yang menjelaskan tentang rasa takut kepada Allah SWT itu bisa menyelamatkan kita dari api neraka. Begitu pula, Ibnu Rajab al-Hanbali menjelaskan bahwa orang yang menangis karena takut akan neraka Jahanam adalah sama juga dengan menangis karena takut kepada Allah SWT, sebab tangis itu muncul karena takut akan siksa  atau murka-Nya, karena takut jauh dari-Nya dan dari rahmat-Nya, serta karena keinginan besar agar bisa berada di sisi-Nya di surga.   

    Dalam sebuah hadits yang bersumber dari Abu Hurairah, dari Nabi saw.,
    Tidaklah masuk ke neraka seseorang yang menangis karena takut kepada Allah sampai ada susu kembali ke dalam puting.” (HR. An-Nasa’i dan Tirmidzi).  Menurut Tirmidzi hadits ini shahih.

    Ibnu ‘Abbas pernah mendengar Rasulullah saw bersabda:
    Ada dua pasang mata yang tidak disentuh oleh api neraka, yakni mata yang menangis dikeheningan malam karena takut kepada Allah, dan mata yang terjaga di jalan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung.” (HR. Tirmidzi). Kata Tirmidzi, hadits ini hasan.

    Abu Raihanah meriwayatkan dari Nabi saw, beliau bersabda:
    Api neraka tidak mau menjilat mata yang selalu berlinang air mata ditengah malam karena takut kepada Allah. Dan Api neraka juga tidak tidak mau menjilat mata yang terjaga di jalan Allah.”(HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Abu Dunya)

    Apakah kita sering menangis karena takut kepada Allah SWT? Bangun ditengah malam dengan bermunajat dan memohon perlindungannya dengan meneteskan air mata? Atau mata ini kering dari tetesan air mata yang takut akan azab Allah? Semoga tidak demikian, karena menurut Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah “idza qoosal qolbu qohital ‘aiin” kalau hati ini sudah keras maka mata itu kering dari air mata karena takut kepda Allah SWT.
    Walloohu’alam semoga kita termasuk manusia yang bertakwa kepada-Nya.

    Dikutip dari ;

    1. Prahara Neraka, Ibnu Rajab al-Hanbali, Penerbit AKBARMEDIA, Bab.IV, Hal. 44
    2. An-Nasa’I VI/12; at-Tirmidzi(1633); Ahmad II/505;Abu Daud(321) Ibnu Abu Dunya dalam Al-Riqaat wa Al Buka’(6) Kata at-Tirmidzi hadits ini hasan shahih.
    3. An-Nasa’I VI/15; Ibnu Abu Dunya dalam Al-Riqaat wa Al Buka’(3) Hadits ini dinilai shahih oleh al-Hakim; Ahmad IV/134

    Akbar Media

    Website ini merupakan website resmi
    dari PT. Akbar Media.
    Seluruh isi tulisan, gambar,
    dan lainnya adalah hak cipta
    milik PT. Akbar Media.
    Hubungi untuk keterangan lebih lanjut.

    Top