Kontak: (021) 82566566 / 98233829

    Hak Orang Muslim Atas Muslim Lainnya

    Assalamu'alaikum Warohmatullahi WabarokatuhuSungguh antara muslim yang satu dengan muslim yang lainnya ada hak yang mesti dipenuhi. Dan itu sudah menjadi hak setiap muslim, agar mereka dapat hidup dalam lingkungan Islam yang membawa keberkahan dan rahmat.

    Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menjelaskan kepada kita apa saja yang menjadi hak orang muslim atas orang muslim lainnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits yang bersumber dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:
    "Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia mengundang/memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)". (HR. Muslim).

    Dalam hadits di atas dijelaskan bahwa ada enam hak orang muslim atas muslim lainnya, yaitu:

    1. Bila berjumpa mengucapkan salam. Ini merupakan perbuatan mulia yang diperintahkan Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, dimana setiap bertemu yang disampaikan adalah kata-kata salam, begitu pula ketika dia berpisah. Salam yang dimaksud adalah mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullahi Wabarokaatuh” Sungguh indah apa yang diajarkan oleh Islam kepada kita dengan ucapan salam ini.
    2. Bila ia mengundangmu/memanggilmu maka penuhilah. Ini merupakan cerminan akhlak yang mulia, dimana ia selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi undangan saudaranya.
    3. Bila meminta nasehat, maka nasehatlah. Begitu pula bila meminta nasehat maka berilah ia nasehat yang baik, yang akan menyelamatkan hidupnya dunia dan akhirat. Sehingga ia akan merasa tenang dengan nasehat saudaranya itu, karena  dia sedang berada dalam kebimbangan atau permasalahan yang rumit, dan dia memerlukan masukan berupa nasehat dari saudaranya.
    4. Kalau bersin dan mengucapkan hamdalah maka do’akanlah. Ini juga merupakan cerminan yang indah dalam keluarga besar muslim. Dimana yang satu dengan yang lainnya saling mendo’akan. Bila dia mendapatkan karunia berupa kenikmatan berupa bersin, maka dia memuji Allah Subhaanahu Wa Ta’aala, dan saudaranya juga ikut mendo’akan (Yarhamukallah) dan dibalas kembali dengan do’a yang indah pula (Yahdikumullah).
    5. Bila sakit maka jenguklah. Ini merupakan anjuran akhlak yang mulia, dimana sesama muslim saling memperhatikan satu sama lain, bahkan dalam kondisi sedang ditimpa musibah sekalipun. Sakit merupakan musibah yang menimpa seseorang yang harus diterimanya dengan sabar, karena ini merupakan ujian dari Allah. Dan sebagai seorang muslim, maka dia harus saling mengunjungi saudaranya yang sedang sakit sebagai oabat penyejuk bagi hatinya dan memberikan motivasi untuk selalu bersabar dan berdo’a kepada Allah Subahanahu Wa Ta’aala.
    6. Bila meninggal hantarkahlah jenazahnya. Ini merupakan tanda memuliakan saudaranya, bahkan sampai meninggal sekalipun ia ikut menyalatkan dan mengantarkannya hingga ke liang lahat. Sungguh mulia Islam mengajarkan pada umatnya, agar selalu berbuat baik dan memenuhi segala haknya.

    Semoga kita dapat menjalankan semua itu dalam kehidupan sehari-hari. Wallahu’alam.

    Hadit-Hadit tersebut diatas untuk lebih jelasnya dapat di lihat dalam “Terjemahan Lengkap Bulughul Maram” Ibnu Hajar Al-Ashqolani, Terbitan AKBARMEDIA, Best Seller.

    Akbar Media

    Website ini merupakan website resmi
    dari PT. Akbar Media.
    Seluruh isi tulisan, gambar,
    dan lainnya adalah hak cipta
    milik PT. Akbar Media.
    Hubungi untuk keterangan lebih lanjut.

    Top